Cerita Lahiran Kang Mustafa Ali (part 2)

buat yang belum baca cerita sebelumnya, baca disini

jam 20.30 tanggal 10 Juni 2015, perutku kontraksi lagi setelah berkali2 kontraksi. sakit yang tertahankan, kayak sebelum2nya, tapi kali ini aku manggil bu bidan lilik. bukan karena gak tahan sakitnya, tapi penasaran aja kenapa dari tadi 5 menit mulu jarak antara 1 kontraksi dan kontraksi selanjutnya. terus sama bu lilik aq di periksa dalam.
lho, lha wes wayahe ngene rik, paling wes ket maeng iki asline” (lha udah waktunya gini.. jangan2 udah tadi ini sebenernya).
trus Bu bidan nyuruh aku ngeden kalo pas sakitnya dateng/ bareng2 sama kontraksi.
“ngeden iku gimana?”
“ya ngeden kalo kayak mau be’ol bedegelen gede gitu lo rik.., tapi di perut ya..”

pas kontraksi, aq langsung ngeden. aku fokusin di perut, tapi nggak kerasa kayak mau BAB sama sekali. rasanya gak ada yg bergerak turun di perut. begitu kontraksinya berakhir, aq ngobrol dan guyon2 sama bu lilik dan mbak siti yg bantuin persalinan.

sampe beberapa saat ngedenku kayak gak ngefek sama sekali. aq juga gak kerasa lelah sama sekali. aq sampe bingung sendiri.(diakhir akhir baru tau kalo ternyata salah ngeden. hehe..). aku sampe minta ganti2 posisi ke bu bidan. miring, jongkok, dan akhirnya balik telentang lagi. kalo enak2an, sebenernya enakan ngeden sambil jongkok. tapi posisi jongkok bikin pembantu persalinan sulit mantau posisi bayi, jadi disuruh balik posisi rebahan.

setelah beberapa lama, aku mulai bisa ngeden bener. ngeden bener tu rasanya kayak leher sampe kepala sampe bengkak gitu lo. dan melelahkan buanget. sekali ngeden aja bikin kamu ngosngosan, tapi dampaknya kerasa banget. isi perut rasanya kedorong turun. beberapa kali ngeden, rasanya tenagaku kayak terkuras. mata rasanya ngantuk. aq sampe tanya ke bu lilik “aq kok ngantuk ya buk?” “lho yo ojo turu lho rik” yah kalo itu mah aku juga tau buk. hehe..

terus ditengah2 ngeden, sempet tiba2 V ku rasanya periiih dan panas banget. “hadu, mbak bulanku panas mbak.. hadu.. ” trus mbak siti nyiram V ku entah pake apa dan aku enak enak tok soalnya rasanya jadi adem gitu. ternyataaa itu kepalanya si Ali udah keluar separo gitu dari V. malah waktu itu sempet aku raba ke V, kerasa ada yg nonjol dari V gede banget. trus tak inceng ke selangkangan. Subhanalloh.. keliatan ada bulet2 item sekitar sekepalan tangan. “lho laiku sirahe wes ketok ireng lhaiku se!” aku excited.

setelah itu, aku hipnotis diri sendiri. semangat yang tadinya sempet kendor sampek2 terbersit untuk menyerah saking capeknya dan sakitnya, jadi berkurang. “awakku gawenane gusti Alloh, wes disiapno gawe ngeneki, berati aku iso.”(badanku bikonan gusti Alloh, sudah disiapkan buat seperti ini/melahirkan. berati aku bisa). aku rapal kalimat itu literally. waktu kontraksi selanjutnya dateng, aku ngeden sekuat tenaga, dan prucuuut.. “AAAALHAMDULILLAAAH”
keluarlah si Ali. sama bu Bidan langsung diambil, disedot cairan ketuban yg ada di dalemnya, dan dia nangis. habis dilap Ali langsung ditaroh di dadaku buat IMD.
first impression, jarinya panjang2 dan kukunya lancip2.
aku periksa jari2nya.. alhamdulillah lengkap semua. kalo inget2 semua mitos yang aku langgar, rasanya bersyukur sekali waktu itu.

image
ini pas aku masih dipakein baju di dalem ruang bersalin

alhamdulillah, pada rabu malam kamis legi, 10 juni 2015 pukul 21.30 Mustafa Ali lahir di dunia ini dengan bobot 3,4 dan panjang 49cm.

setelah aku selesai dijahit (jahitanku banyak, gara2 kepalanya Ali yg nyangsang di V bikin v sobek. but hey that’s Okay!) Ali dirumati. dipakein baju, dibedong, dan diadzan iqomah i sama Bapaknya. Alhamdulillah.. takpernah cukup rasanya aku mengucap syukur. 🙂

image
Mustafa Ali

image
ditemenin ibuk sampe suami balik dari nyuci baju dan ngubur ari2. makasih buk ..

Leave a comment