Posted in Serba-serbi

Pengalaman Ujian Toefl di Azet Language Center Malang

Assalamu’alaikum wr.wb.

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau membagikan cerita saya dalam menempuh ujian TOEFL (Test of English as Foreign Language) ITP di Malang.
Waktu itu akhir tahun 2015. Saya lupa tanggal pastinya, tapi saya akhirnya memutuskan untuk mengambil ujian TOEFL karena berencana melamar beasiswa pada tahun 2016.   Saya ingin daftar beasiswa LPDP, AAS, dan NZ Aid.
Di Malang ada beberapa tempat yang bisa jadi alternatif untuk mengambil tes TOEFL ITP, diantaranya Azet Language Center (ALC) yang telah saya pilih. Alasan saya memilih ALC adalah karena dulu saya pernah nyoba Tes Bahasa Inggris setara TOEFL disana (pada 2013 biayanya Rp50.000) dan Karena ALC termasuk dalam daftar tempat tes yang direkomendasikan beasiswa AAS.
Awalnya, saya telepon ke kantor ALC dan menanyakan jadwal tes TOEFL. Tapi sayangnya pada bulan Desember 2015 itu kuota tes sudah penuh. ALC sendiri mengadakan 1x tes TOEFL ITP setiap bulannya dengan kuota terbatas, jadi kalau anda mau daftar belum tentu bisa langsung. Lalu nomor saya dicatat pihak ALC untuk dihubungi jika jadwal tes selanjutnya sudah keluar.
Akhir Desember saya disms mbak Dian perihal jadwal tes bulan Januari. Sayapun mendaftar dan mentransfer uang pendaftran sebesar Rp500.000.
Hari ujianpun tiba. Saya berangkat bareng suami yang saat itu ada perlu ke percetakan Aloha didepan ALC.
Setidaknya saya harus mendapat nilai TOEFL 550 untuk bisa memenuhi syarat beasiswa yang saya inginkan diatas. Meskipun begitu, saya benar-benar tidak punya persiapan khusus. Dengan membawa pensil 2B, penghapus, fotokopi KTP dan pasfoto, saya menitipkan Ali ke ibu saya.
Saya datang di ALC 30 menit sebelum ujian berlangsung. Saya langsung digiring untuk mengisi data diri di selembar kertas yang akhirnya disobek menjadi 2; satu untuk pihak ALC, dan satu untuk peserta yang nantinya digunakan untuk mengambil sertifikat.
Ujianpun dimulai seperti biasa, diawali dari pembacaan peraturan, mengisi data diri, lalu mengerjakan soal dari Listening section, structure and written expression section, sama terakhir reading section. Semuanya alhamdulillah berjalan lancar, walopun dalem ruangan saya kangen terus sama anak yang masih unur 6 bulan. Hahaha
Setelah ujian, nilai tidak bisa langsung diketahui. Nilai dan sertifikat TOEFL akan diberikan 10-14 hari setelah tes dilakukan.
Sekitar 1 minggu setelah ujian saya di SMS mbak Dian yang menginformasikan nilai TOEFL saya dan bahwa sertifikat sudah bisa diambil. Berapa nilainya? Alhamdulillah, mencukupi untuk mendaftar beasiswa.
Berikut saya berikan alamat AZet Language Centre:
AZET LANGUAGE CENTRE
Jl.Galunggung 39. Malang 65115.
Telp : 0341-571782/ 551537
 
 
4 thoughts on “Pengalaman Ujian Toefl di Azet Language Center Malang

    1. Hei Girin.. So sorry baru bisa bales. Sekarang hapeannya harus nunggu anak gaktau kalo hak gitu direbut.
      Taun lalu bisa, dan sekarang musti IELTS. Mbuh deh berapaan sekarang IELTS. kalo IBT setauku terakhir 165 USD deh. Masak udah naek aja?
      Makasih doanya yaaa

    1. Hai Ami.. Makasih sudah mampir. Wah maaf aku nggak ada trik khusus waktu ngerjakannya. Mungkin karena memangs sehari2 biasa pakai Bahasa Inggris ya (maklum ngajar Bahasa Inggris). Hehehe.. Mungkin sering2 baca teks bahasa inggris aja biar secara otomatis pattern nya terekam di otak

Leave a Reply

