Posted in Serba-serbi

Dilema Asi Eksklusif 4 vs 6 bulan

image
Mustafa Ali 4 bulan kurang dikit

Si Ali udah 4 bulan aja nih nggak kerasa. alhamdulillah bisa asi eksklusif sampe sekarang walopun pernah sekali kecolongan (baca: si ali disuapin pisang mbah utinya) pas masih 1,5 bulan. tapi diluar itu, alhamdulillah ASI tok.

gejolak di batin mulai muncul saat makin lama aku makin banyak baca2. soal ASI eksklusif ini, ada beberapa perbedaan pendapat tentang apakah diberikan sampe umur 4 atau 6 bulan. kalau di Indonesia dan menurut WHO sih idealnya sampe 6 bulan, tapi banyak situs2 US, Inggris dan europe yang nyaranin kalo MP ASI udah bisa dikasihin sejak 4 bulan.
nah inilah dia yang bikin aku bingungs pake S biar kesannya bingungnya banyak banget. setelah baca dari beberapa sumber, ini hal-hal yang menurutku penting buat ibu2 dan calon2 ibu buat diketahui soal lama pemberian asi:

1. bayi 0-4 bulan HARUS hanya diberi ASI atau susu formula TOK. gakpake tambahan apapun. ini karena pencernaan bayi belum sempurna buat mencerna makanan padat. waktu Ali didulang pisang sama mbahnya, besoknya eeknya Ali agak kayak jeli gitu. jadi ternyata pemirsa, pisang yg dimakan Ali, walopun sudah dikerok dan dihaluskan, masih tetep keluar dalam bentuk pisang kerok. Nah, ini bukti kalo pencernaan bayi belum sempurna. aku udah membuktikan sendiri.

2. bayi 4-6 bulan boleh dikasih makanan yang haluuuuuus banget.
ya ya ya, aku tau pasti ibu2 pro asix 6bulan pada mengernyitkan dahi dan bilang ‘lho’ sampek bibirnya mbentuk O. tapi banyak penelitian yang hasilnya itu menunjukkan bahwa pengenalan mp asi 4 bulan dan 6 bulan efeknya gak berbeda secara signifikan buat bayi. pada awalnya kan dulu memang program asi exklusif cuma 4 bulan, terus sekarang jadi 6 bulan. itu alasannya karena sampai bayi usia 6 bulan asi masih mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. nah setelah 6 bulan, bayi akan mengalami penurunan produksi Fe alias ferum alias besi alias zat besi. karna itulah mp asi dimulai pada 6 bulan.
nah yang aku maksud dengan gak berbeda secara signifikan tadi adalah, baik bayi yang mulai MP ASI 4 bulan maupun 6 bulan sama2 terpenuhi kebutuhan nutrisinya, resiko obesitas juga sama, pokoknya tidak ada perbedaan signifikan deh.

meskipun begitu, keduanya juga punya kelebihan masing2:
bayi yang mulai MP ASI 4 bulan cenderung memiliki stok cadangan zat besi yang lebih banyak (bukan berati yang mulai 6 bulan bakalan kekurangan zat besi, samasekali enggak) dan akan cenderung lebih resisten sama alergi dan diabetes tipe 1 daripada yg mulai 6 bulan. sedangkan buat bayi yang mulai 6 bulan keuntungannya bayi cenderung lebih terhindar dari gastrointestinal infection dan ibu bisa lebih kurusin lagi berat badan setelah melahirkannya (sekitar 1-2 kg lebih banyak dari yg mulai MPASI 4 bulan)

image

3. meskipun diatas sudah disebutin angka pasti yakni 4 dan 6 bulan, sebenernya ada cara lain buat ngelihat apakah bayi udah ready makan solid apa belum. ciri2 bayi yang udah siap makan MPASI yaitu:
a. bisa mempertahankan kepala tetap tegak. kalo dalam bahasa jawa itu nyonggo gulu.
b. bisa duduk tanpa ditopang. ditopang maksudnya dipegangin. jadi misal bayinya udah bisa duduk dengan disandarin kursi tanpa dipegangin dia udah siap makan.
c. kalau pegang mainan dimasukin mulut.
d. kalau disuapin lidahnya nggak mendorong makanan keluar mulut (perhatiin deh bayi kalo masih 1-3 bulan kalo disuapin pasti didorong2 keluar makanannya. nah itu tanda kalo dia belum siap).

kalo Ali, A, B, sama D udah tuh. tinggal yang C aja. tiap megang mainan cuma dipegang2 aja, gak dimasukin mulut. tapi sering juga sih tangannya diemut2 gitu.
makanya kemarin sempet bingung mau kasi MP ASI nya sekarang apa ntar 6 bulan aja. kemarin udah mantep banget mau kasi Ali alpukat halus, tapi terus masih bingung lagi. haha.. jadi sampe sekarang 4 bulan 2 hari, alhamdulillah masih eksklusif.

udah deh, segitu dulu kayaknya.
BTW, tulisan ini bukan berati aku gak pro asi eksklusif 6 bulan lho ya.. aku pro banget malah ke program ini. ini cuma biar bisa jadi bahan pertimbangan aja buat ibu2 lain bahwa selalu ada another option, bukan harus “harus asi eksklusif 6 bulan kalo enggak, kamu salah, dosa atau bukan ibu yg baik”. biar gak merasa bersalah2 banget kalo emang bener2 terpaksa, keplepet gak bisa ngasih asi eksklusif 6 bulan. soalnya kan, kebenaran yg mutlak hanya milik Yang Maha Kuasa.

sampai jumpa lagi di tulisan selanjutnya

Advertisements

2 thoughts on “Dilema Asi Eksklusif 4 vs 6 bulan

  1. Salam kenal Mb.. 🙂

    tulisan ini sdh setahun ya. Akhirnya putranya mulai mpasi usia brp Mb?
    sy lg browsing ttg mpasi 4bln vs 6bln.. salah satunya mendarat di sini. Namanya hsl penelitian manusia ya Mb..ga ada yg saklek.. Tp klo baca di link yg Kompas itu, salah satu alasan para ahli di eropa utk kembali lg ke mpasi 4bln krn di negara2 maju, resiko infeksi terutama dari air dan lingkungan sdh sangat kecil. Jadi rekomendasi WHO utk mpasi 6bln mmg msh cocok utk negara2 berkembang, seperti di indonesia..yg resiko infeksinya msh besar. Sementara begitu si kesimpulan yg sy dpt.. 🙂 ok..thx Mb tulisannya.. smg sehat terus.. 🙂
    salam,
    Laila

    1. Hai Laila.. aduh maaf baru sempet buka blog lagi. Harap maklum Ibuk2 newbie.. lagi kemaruk ngurusin anak. hehe
      akhirnya si Ali kemarin aku kasih MP Asi usia 4,5 bulan. Alhamdulillah sampai sekarang (18 bulan) no problem. Jarang sakit (bahkan batuk pilekpun jarang). Entahlah ya apa emang kualitas airnya perlu dikaji. Tapi emang aku tinggalnya di desa, di daerah Malang tapi kabupatennya. Malah cenderung dekat sama Gunung Semeru, jadi air disini memang masih bagus.
      Terimakasih ya sudah ngunjungi blog ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s