Posted in Kucing

Dokter Hewan Judes di Malang (Hati-hati)

Punya hewan peliharaan berarti harus memperhatikan kesehatannya juga. Tidak jarang saking sayangnya, si master akan membawa pet nya ke dokter hewan. Alhamdulillah kalau dapat dokter hewan yang ramah, sabar, dan murah. tapi apa jadinya kalau dokter hewan yang dikunjungi judes, suka menghina, dan mahal pula.

salah satu kenalan saya di facebook pernah curhat tentang pengalamannya mendatangi dokter yang semacam ini. ceritanya, kenalan saya ini bawa kucing persia mediumnya ke salah satu dokter hewan di daerah malang sini. bukan hanya pengobatan yang dia terima, tapi juga penghinaan dan kejudesan dari dokter hewannya. untuk lebih lengkapnya simak percakapan dibawah ini.

SETELAH TAK TERJEMAHKAN KE BAHASA INDONESIA JADI GINI:

teman-teman aku curhat ya….
barusan kucingku jenis medium kan flu, jamuran, trus matanya berair terus. akhirnya aku bawa ke dokter hewan malang.
lha sampe sana kok gak dipersilahkan duduk. aku nunggu lama sambil berdiri, trus iseng2 ttanya soalnya koleksi kucingnya (dokternya) banyak…
Aku: Dok, itu semua kucingnya ta?
Dokter: IYA, kenapa?
Aku: gpp kok banyak.
Dokter: sakit apa ini kucing sampeyan? trus doktere ngomong “EALAH KUCING MEDIUM GINI TA? INI KUCING RAS DIKAWIN KAMPUNG. KALAU AKU GAKPUNYA DONG KUCING KAYAK GINI. LIHATEN KUCINGKU LHA MAHAL2. PEDIGRI SEMUA MAS….
aku: iya flu, jamuren, trus matanya berair terus.
dokter: sudah vaksin?
Aku: belum soalnya dulu mau divaksin masih kena scabiess jd sama dokter langganan saya (yang di jombang) gak boleh divaksin
Dokter: Dokter Jombang? siapa nama e?
Aku: drh. Wiwik Idayanti
Dokter: oh, gak terkenal. paling dokter baru ya, blum pengalaman.
Aku: (sambil senyum) hmmm…. (batinku: emang lu aja yang gak kenal tapi sok kenal. sok tau!!)
Dokter: makanan kucingnya apa?
Aku: RC di mix MDC.
Dokter: lngapain di mix? kasih RC aja. kamu pingin kucingmu cepet mati  dicampur yg lain? gak ada critanya pakan murah tapi bagus. kalo bagus itu ya mahal .dari pertama belajar ilmu dokter saya gak pernah nemu yg namanya pakan murah bagus.
Aku: (dalam hati: Jasik congornya kalo ngomong semaunya sendiri) gak lah dokter. aku pingin kucingnya sehat.
Dokter: Wes ini tak suntik flu. kucingnya doyan makan apa gak?
Aku: ya doyan…
Dokter: Lhakok kurus, kenapa ini?
Aku: (mbatin: ya gaktau dus. lhawong lu dokternya kok tanya ke aku) Gak tau dokter, mungkin cacingan.
Dokter: yaudah tak kasih obat cacing. gak pernah kamu kasih obat cacing ta?
Aku: pernah! merk e lupa.
Dokter: takerane berapa?
Aku: tulisan di tabletnya 1 pil untuk 10 kg
Dokter: gak pernah ada ukuran segitu. kalo obat cacing kucing. biasane 1 pil untuk 4 kilo. diberi tahu siapa kamu kok ngawur?
Aku: dari petunjuknya itu.
Dokter: gak pernah tau aku ukuran 1 pil untuk 10 kg. dari awal kuliah kedokteran sampe sekarang belum nemu itu. sudah selesai tak suntik. ongkosnya 100 rb. nanti dalam 3 hari kalo kucingnya masih sakit, bawa balik kesini lagi ya…
Aku: iya… (dalam hati: kagak bakal aku balik kesini lagi. JAWABANMU gak enak banget kalo ditanyai. cukup sekali ini aja!! ITU MULUT APA PEDAL KOK KALO NGOMONG NGAWUR. KENE NEK PEDAL TAK PANCALE!!)
lawan dokter kayak gitu enaknya diapain??

ini versi aslinya, bahasa jawa:

rek aku curhat yo….
iki maeng kucingku jenis medium kan flu, jamuren, trus mripate berair terus. akhire tak gowo nang dokter hewan malang.
lha sampe kono iku gak dipersilahkan lungguh. aku njangur suwi ngunu ngadek, trus iseng2 takok soale koleksi kucinge uakeh…
Aku: Dok, itu semua kucingnya ta?
Dokter: IYA, kenapa?
Aku: gpp kok banyak.
Dokter: sakit apa ini kucing sampeyan? trus doktere ngomong “EALAH KUCING MEDIUM NGENEKI TA? INI KUCING RAS DIKAWIN KAMPUNG. NEK AKU YO GAK DUWE KUCING NGENEKI. LIHATEN KUCINGKU LAK MAHAL2. PEDIGRI KABEH MAS….
aku: iya flu, jamuren, trus mripate berair terus.
dokter: sudah vaksin?
Aku: belum soalnya dulu mau divaksin masih kena scabiess jd sama dokter langganan saya (yang di jombang) gak boleh divaksin
Dokter: Dokter Jombang? siapa nama e?
Aku: drh. Wiwik Idayanti
Dokter: oh, gak terkenal. paling dokter baru ya, blum pengalaman.
Aku: (sambil senyum) hmmm…. (batinku: ancene awakmu ae sing gak kenal tp sok kenal. kemeruh)
Dokter: makanan kucingnya apa?
Aku: RC di mix MDC.
Dokter: lhalapo di mix? kasih RC aja. kamu pingin kucingmu cepet mati ta dicampur yg lain? gak ada critanya pakan murah tapi bagus. nek bagus itu ya mahal dari pertama belajar ilmu dokter saya gak pernah nemu yg namanya pakan murah bagus.
Aku: (dalam hati: Jasik cangkeme lower e nek ngomong. sak njeplak e tok ae) gak lah dokter. aku pingin kucinge sehat.
Dokter: Wes ini tak suntik flu. kucinge doyan makan apa gak?
Aku: ya doyan…
Dokter: Lhakok kurus, kenapa ini?
Aku: (mbatin: yo embuh ndos. lhawong doktere awkmu kok takok e nang aku) Gak tau dokter, mungkin cacingan.
Dokter: yaudah tak kasih obat cacing. gak pernah kamu kasih obat cacing ta?
Aku: pernah! merk e lupa.a
Dokter: takerane berapa?
Aku: tulisane di tablet e 1 pil untuk 10 kg
Dokter: gak pernah ada ukuran segitu. kalo obat cacing kucing. biasane 1 pil untuk 4 kilo. diberi tahu siapa kamu kok ngawur?
Aku: dari petunjuknya itu.
Dokter: gak pernah tau aku ukuran 1 pil untuk 10 kg. dari awal kuliah kedokteran sampe sekarang belum nemu itu. sudah selesai tak suntik. ongkosnya 100 rb. nanti dalam 3 hari kalo kucingnya masih sakit, bawa balik kesini lagi ya…
Aku: iya… (dalam hati: ora kudu mbalek nang awakmu. JAWABANMU gak tau penak nek ditakoni. wes pisan ae!! IKU CANGKEM TA PEDAL KOK NEK NGOMONG NGAWUR. KENE NEK PEDAL TAK PANCALE!!)
mungsuh dokter koyok ngunu iku trus aku kudu pye??

hmm.. hati-hati kalau pilih dokter hewan teman-teman

 

84 thoughts on “Dokter Hewan Judes di Malang (Hati-hati)

  1. Waduh, dokter hewan sopo iku? Gak kayak dokter hewanku dulu, langganan bertahun-tahun buat vaksinasi, check up, suntik kb etc kucingku… Orangnya ramah, tarif murah, bisa dipanggil ke rumah karena kadang2 susah nangkep kucingku buat dibawa ke tempat praktek dia… Padahal kucingku itu kucing kampung lho…..

    1. maaf mbak ndakbisa sebut nama. hehe,, ini udah kesepakatan antara aku sama yang punya pengalaman. lek samean dokter hewan dimana? aku juga punya rekomendasi pak Didik Saptono di daerah Jl. Langsep. orange perhatian, murah, dan gak pernah ngenyek walaupun kucingku kucing kampung biasa

  2. aq yo pernah iku ke salah satu dokter cewe ud berumur ya gt ngmongx soalx kucingq persia mix kampung.. zzz megelno nemen..

  3. permisi mau minta masukan nih.. aku baru punya kucing ras lg sakit. maklum baru pertama kali melihara kucing ras, kalau dulu melihara kucing kampung tp gk pernah sakit. jd belum pernah ke dokter hewan. browsing” bnyak yg ngpost ngrecomend dr Didik sma dr Tiny. aku bingung.. butuh masukan bgt dr yg udh berpengalaman 🙂

  4. Alamat lengkap prakteknya drh Didik dimana ya Bu, saya baru dimalang dan masih gak nemu drh disini

    1. maaf baru balas. alamatnya di Jl. Raya Langsep No. 59 Malang. itu kalau dari plaza dieng ke selatan aja teruuus. nanti ada pasar mergan. rumahnya di sekitar situ. kalau mau kesana bisa sms dulu janjian sama bapak didiknya. no HP nya 08123588406. aku dulu pas pertama kesana juga bingung nyari tempatnya terus sama orangnya dibimbing melalui sms. semoga membantu

  5. Haha kayaknya aq tahu dech itu siapa, cz aq jg pernah ngalamin en sama persis dech sikonnya, kucing aq dikata2in kucing jelek campuran kampung, trus dia nyombongin kucing2nya yg certify semua

    1. loh masak? hehe alhamdulillah aku nggak pernah ya. hampir aja dulu ke dr. hewan itu, untung aja pas tutup. hahaha .. yah, kucing kampung apa kucing ras tetep aja semua ciptaan tuhan yak.. selama kita sayang dan nganggep keluarga mereka pasti ngerti lah. walaupun kucing ras tapi kalau dikandangin terus gakpernah dipangku2 juga jadi koneksinya nbiasa aja

  6. Mbak bisa kasih info ndak itu nama dokternya…karna nti q mau ke dokter hewan buat x-ray kucing kampung yang dianiaya orang…
    kalo kata temenq aku disuruh ke dr Iman di sawojajar, bukan itu kan mbak?

    1. Pokoknya Tuch dokter di jalam buah2an anjingku juga dibilang blasteran biar blasteran khan g urusan sama dia…aq juga kejebak di dokter itu

  7. wah orang-orang malang nih. mau tanya nih. mau vaksinin kucing, yang recomended dimana ya? sama kira-kira biayanya berapa? vaksin pertama nih

  8. Duh,dr.Didiknya kok jauh dari tempat tinggalku ya? ini lbh dkt ke sawojajar. kalau yg di swjajar rekomended tidak?
    please, mhn jwban secepatnya, darurat. trims

    1. kan ada dokter dedi di sawojajar..sebelahnya tk selaras cita..pager hijau…jalan sentani raya..memang dia gak pasang plakat…tapi buagus dan murah pula dia…ramah juga

      1. Di dokter dedi itu gmn mas/mbk? Soalny kapan lalu mau ksana kok bnyak anjingny,jd gk brni masuk.
        Saya biasa ke dokter iman se,hrgany terjangkau mana ya di drh.iman atau drh.dedi?

    1. Tergantung kucingnya diapakan.. makin banyak yg dilakuin ya makin mahal. Wktu itu pusku di infus setengah kantong, sama disuntik obat apa gatau cm 75rb

  9. Mbak tu dokter daerah malang mana???
    Bukan yg disawojajar kan…mau ke sawojajar antara dokter iman atau agustin ya yg bagus…

  10. keliatane aku ngerti dokter ini..baguslah gak sebut merk..soale suamine suka ikut-ikutan njenggong 😀 ..if you know what I mean

  11. Dr Judes itu di jalan buah2an.. anjing ku jg dibilang blesteran.. khan tambah asyik.. indo 😀

  12. BEBERAPA TIPS SEBELUM MENGUNJUNGI DOKTER HEWAN
    1. Siapkan perlengkapan kucing/anjing yg biasa dipakai dirumah (terutama utk anjing ras besar & galak) spt rantai leher, tali penuntun dan penutup mulut (brangus). Perlengkapan milik sendiri lbh baik krn sdh terbiasa, mengurangi stres akbt kecurigaan thd barang asing.

    2. Berikan info sebanyak mungkin mengenai kondisi sebelumnya mis. Prilaku yg tdk biasanya, muntah atau muntah-muntah termasuk warna muntahannya, keadaan kotorannya apakah cair, berlendir atau bercampur darah dll. Apabila pemilik menyerahkan kpd cattery/kennel boy sebaiknya diajak sekalian krn merupakan orang yg tahu kondisi sebelumnya.
    Info dasar ini tentunya hrs jujur agar tdk mengacaukan diagnosa. Dokter yg berpengalaman akan tahu apakah info pemilik tsb jujur atau tdk.

    3. Pastikan bhw dokter hewan yg akan dituju mempunyai ijin praktek dari Pemda setempat. Apabila tdk mempunyai ijin praktek berarti dokter hewan ilegal atau jangan jangan dia bukan dokter hewan.
    Stl tahu status perijinannya, apakah dokter tsb kompeten menangani hewan kesayangan (pet animal). Sekarang ini dokter hewan dlm pengabdiannya disarankan menekuni minat hewan tertentu/spesies spesifik. Dokter hewan akan diragukan kompetensinya apbl dlm menangani pasien terlihat ragu ragu, shg wajar ada dokter yg takut apbl pasiennya seekor anjing krn memang kompetensinya bukan pet animal. Saat ini sdh diarahkan utk menekuni kompetensi pet animal (anjing & kucing), satwa liar, aquatik dan eksotik, kuda, sapi, unggas dll.

    4. Tanyakan kpd dokter hewan anda segala yg berkaitan dg kunjungan anda saat itu mis. Diagnosa penyakitnya, obat yg diberikan termasuk efek samping yg mungkin timbul, solusi pengobatan dll.

    5. Sebaiknya jangan berganti ganti dokter pd kasus yg sama meskipun itu adl hak anda sbg client. Pendapat dokter hewan lain (second opinion) perlu diupayakan krn kode etik dokter hewan indonesia telah mengatur masalah second opinion sbg sesuatu yg hrs dihargai olehnya dokter pertama.

    6. (Khusus utk sejawat dokter hewan yg membaca tulisan ini) merujuk kpd sejawat yg berpraktek apbl tdk bisa menangani pasien oleh krn keterbatasan kompetensinya merupakan tindakan terpuji daripada melakukan tindakan medis coba coba yg pd akhirnya merugikan kepentingan client dan penderitaan pasien.

      1. Makasih Mbak responnya, sy hanya pingin membagi pengetahuan yg mungkin bisa berguna bagi catlovers dan doglovers yg ada disini.

  13. Td sore baru ke dokter Didik. Pak Didik orangnya ramah. Konsultasi pun dilayani dengan baik. Recomended dokter..
    Thumb Up.

  14. Mbak mau tanya dokter dedi yang di sawojajar itu alamat lengkapnya dimana ya? Ato no. hp nya kalau ada? Tengkyu..

  15. Sepertinya pengalaman saya (sdh lama bgt sih) sama. Dokter judes yg dimaksud, sptnya saya tahu bgt, pasti cwe, rumahnya drh jalan buah2an. Saya malah dulu telp ke rmhnya buat janjian mau periksa anjing, Dia minta setengah jam lg datang. Sampe di sana dianya lama bgt ga muncul, Trus ga silahkan saya masuk, Muncul2, pake daster, lah disuruh setengah jam datang emang ga ganti baju dulu.Yg paling jengkelin dia ngenyek2 kalo sy kurang bersih mandiin anjing saya makanya jd sakit kulit…walaaaah dokter kok malah nyudutin orang, harusnya memberi solusi bkn cari masalah. Saya sdh mau angkat kaki tapi kakak saya menahan. Tp itu cukup sekali saya ke sana, selanjutnya…..noooo, skrgn dokter saya di jl. kepundung, dokter Awang. Sabar bgt. Oh ya di atas saya baca ada bobby pet shop itu almtnya maninjau barat ya? no berapa ya? saya prnh nyari ke sana, tapi kok ndak ketemu. Kalo ada yg tau minta tolong ya…

  16. mohon bagi pengalamanya teman2 , obat anti muntah/mual yg bagus untuk kucing merk apa ya ?

  17. Mas Faried, mohon maaf sy tdk kompeten menangani reptil krn kompetensi sy dokter hewan Pet Animal. Sy ada rujukan kolega yg memang kompetensinya satwa liar, aquatik dan hwn eksotik.

    Sbg info bhw sekarang ini dokter hewan sebaiknya fokus pd kompetensi hewan tertentu, jd tdk semua hewan kompeten utk ditanggani. Apabila semua hwn ditanggani dikuatirkan terjadi kesalahan diagnosa dan penangganan yg pd akhirnya merugikan pemilik dan menyengsarakan pasiennya. Ada bbrp kompetensi dokter hewan yg fokus pd spesies hwn tertentu, spt dokter hwn besar (sapi, kambing dll), dokter pet animal (anjing & kucing), dokter satwa liar, aquatik dan eksotik (hwn buas, ikan, penyu, kura2, burung elang, ular, iguana, SG dll), dokter kuda dll.

    Mungkin jawaban sy bisa mengklarifikasi anggapan yg sempat beredar bhw dokter hewan pasti bisa mengobati semua hewan. Seorang dokter hewan yg mempunyai kompetensi gado-gado dikuatirkan terjadi kelemahan diagnosa dan pengobatan krn sedikit banyak akan berbeda penggunaan obat dan cara penangganannya satu hewan dg hewan yg lain serta pengetahuan ilmu pengobatan yg terus berkembang.

  18. Sepertinya saya tau dokter judes itu, saya juga pernah punya pengalaman yang hmpir sama. Cukup sekali saja ke sana biar gk nambah dosa soale batin terus kl dengerin ocehannya yg suka menghina.

  19. Dr. Didik. Kucingku pregnant/ hamil. Garuk2.eh ternyata ada kutunya.
    Bagaimana penanganannya?
    Takut nanti kalo anaknya udah lahir malah kutuan.

    1. Pengobatan kucing bunting dan menyusui yg terserang kutu merupakan dilema, diobati scr medis akan beresiko gugur, tdk diobati akan berakibat anemia pd induk dan anak yg dilahirkan nantinya.
      Dasar pemberantasan kutu adl memutus siklus hidup perkembangan kutu itu sendiri krn kutu berkembang biak dilingkungan di mana kucing itu tinggal, jadi pemberantasan kutu pd kucing bunting lbh ditujukan kpd lingkungannya.
      Bbrp bahan yg scr empiris bisa dipakai utk mengendalikan kutu pd kucing bunting spt minyak sereh, kampher dan kapur semut.

      Tindakan paling bijaksana bagi cat lovers apbl berniat utk mengembang biakkan kucingnya adl menyiapkan pemberian vaksinasi, obat cacing dan deteksi adanya kutu. Shg pd saat beranak gangguan penyakit maupun parasit baik bagi induk maupun anaknya dpt diminimalisir.

  20. Ya g judes lah,, kalo ngrwat g becus, ya memang hrs gtu, supaya makin care… sebenere kan gtu…

    1. Ya, beda orang beda persepsi ya. Yang menurutku gak pantes sih soal ngenyek2 kucing medium. Kalo emang pecinta hewan, hewan apapun pasti disayang, gak harus yang mahal. Lagipula kalau emang niatnya ngingatkan gausah dengan cara yang kasar.

      1. Wah setuju sama mbak..
        Gk harus di beda”in..
        Q newbie
        Mkasi buat info drh.didik.mw periksain kucing soalnya..

      2. kira” apa nomer drh.Didik saptono masih sama?
        Trimakasih sblumnya.

  21. Maaf mohon info ini kucingku kan hamil …kayanya uda lebih dr 60 hari kok ndak kluar2 …trus didaerah utk kluarnya anak itu berdarah dikit2 …itu kenapa yah ? Ada yang puny pengalaman kaya gitu ga? Aku mau bawa ke dokter cuma blm ada waktunya..

  22. Para pembaca, mulai sekarang segala posting yang berhubungan dengan sahabat berbulu kita akan saya publish di blog khusus kucing saya yang baru, duniapus.blogspot.co.id . Ini saya lakukan agar lebih memudahkan para pembaca untuk mencari maupun berbagi informasi mengenai pus-pus kita. Tetapi 2 post saya yang di blog hanyakori ini juga tidak akan saya hapus kok. jangan kuatir. Jika anda pecinta kucing, jangan lupa mampir dan follow duniapus.blogspot ya.. Terimakasih

  23. Memarahin dlm bentuk mengingatkan pemiliknya agar lebih baik merawatnya gpp, cm klo sudah membeda2kan jenis kucing *maaf (menghina) saya pikir kurang baik.
    Setiap pemilik dan peliharaannya, jika hewannya sakit dan berobat, mempunyai hak mendapat pengobatan dan pelayanan.
    Dan dr.h jg berhak mengingatkan pelanggan tanpa harus menghina baiknya.
    Semoga forum ini berguna, bisa buat koreksi baik dr.h, pemilik hewan, maupun siapa yg membacanya, untuk bs menyayangi dan merawat hewan tanpa membeda2kan bagus apa enggaknya.

    1. Giovanni, klau hanya konsul cara memelihara dan anjing tdk memerlukan pengobatan ya tdk bayar.

  24. Saya pengalaman juga mbak, persis bgt, kesan pertama masuk rumahnya jg (maaf) agak kurang bersih dan tertata, kandang kucing tumpuk2, sy sudah bicara sopan tp dokternya malah jowo kasar dan emg suka ngenyek, perlakuan ke kucing sy pas nyuntik ngecek dll juga kurang mengenakkan, dulu kucing sy ada kutu di kupingnya dan sudah parah, beliau malah ngevonis kalo kucing sy bakal mati, stlh sy rawat sendiri beli obat dll ternyata kucing sy masih hidup sehat sampe skrg, dokternya dasteran juga mbak, sama mungkin ya

  25. Wahh.. Terimakasih banyak infonya ya. Kebetulan sy newbie melihara persia medium, baru 3 minggu ini dan lg nyari drh yg bagus. Membantu sekali ☺

  26. Mau tanyaaa, anjingku barusan ini habis tengkar sama anjing tetangga. Jenis anjingku emang bukan ras unggul cuman anjing kampung aja. Dia di gigit sama anjing kampung juga tapi ada turunan pitbull. Si pemilik itu bodo bangeet masa ngerante anjingnya diikat make tali *sedikit curhat yaa hehe*
    Nah, leher anjing saya luka dia jadi gabisa geleng2in kepalanya karena kesakitan. Bisa tolongin saya dokter yang enak, ramah, penanganan baik, serta murah di mana yaa? Mohon bantuannya banget. Saya butuh recom dokter hewan.

  27. Permisi mau tanya kucing saya nggak kawin, tapi dari vagina nya keluar cairan kental putih susu. Putingnya membesar juga. Takutnya pyrometra 😵
    No. Dr didik masih sama kah? Terus harga operasi pyrometra sampai berapa ya?
    Terimakasih

  28. Pak Dokter Didik, maaf saya mau nanya mengenai pensterilan kelinci ? Sama kalo boleh tau biayanya berkisar berapa ?

    1. Annisa, kena apa hrs dilakukan tindakan sterilisasi ? Sy tdk melakukan tindakan bedah krn tdk punya ruangan operasi sbg syarat tindakan yg benar secara medis.

  29. Selamat malam dokter didik, kakak- kakak sekalian. Saya sehari lalu baru saja mengadopsi kucing dari mojokerto. Kucingnya kurus bulunya agak rontok. Owner lama bilang soalnya jarang dimandikan. Sampai malang, kucingnya nggak mau makan. Saya kasi whiskas kitten nggak mau, whiskas sashet cuman dijilat sekali terus pergi, kalengan nggak mau. Dia cuman minum air putih. Terus poopnya berdarah. Saya beri obat cacing caniverm separu. Tolong dokter tolong kakak2. Saya harus apa. Kalau dibawa vet saya takut mahal, anak kos. Mohon sekali bantuannya

    1. Hai.. Aduhh maaf baru sempat buka blog. Maklum ya ibuk2 rempong. Terus gimana pusnya apa sudah sehat?

      FYI, tarif dokter hewan tidak semahal yang dikira orang kok, sama aja kayak dokter manusia. Kalau pus nggak doyan makan harus dipaksa ya, soalnya kalau dia gak kemasukan makanan sama sekali dropnya cepet. Bisa dicekokin makanan halus pake suntikan yang udah dicopot jarumnya.

    2. Karina Muchyl, kena apa pilih mengadopsi kucing yg kurus dan bermasalah dg bulunya ? Klau memang pertimbangannya kasian ya apa boleh buat, asal aja jangan krn keterpaksaan.
      Kucing kurus disertai dg problem bulu kemungkinan memang sdh bermasalah dari awalnya. Minta makanan awal dan merk CF nya utk kelanjutan pemberian berikutnya. Kemungkinan tdk nafsu makan krn dari awalnya memang begitu (ogah makan) atau masa adaptasi. Betul spt yg dijelaskan mbak Choriamanah, dicekok makanan basah yg dilembutkan. BAB disertai darah kali bukan berdarah ? bisa krn memang bawaan atau alergi. Selama masa adaptasi jangan diberikan obat cacing apapun bentuk dan merknya. Pemberian Caniverm 1/2 tab terlalu banyak mbak dan pemberiannya pd saat tdk ada gangguan saluran cerna, pemberian obat cacing dg bahan triple formula justru malah memperberat gangguan saluran cerna

  30. Saya dulu juga pernah kesitu dan saya setuju dengan pernytaan di atas sangat sangat sangat SETUJUUUUUU!!!
    Tai memang

  31. saya langganan ngobatin kucing saya di drh. didik saptono berkat baca² komen & rekomendasi dari blog ini, terima kasih buat infonya. meski rumah saya jauh dikarangploso saya tetap langganaan di drh. didik. sangat recomanded sekali beliau sgt baik, ramah, sabar, klo konsultasi dijelaskan dg sangat rinci, tiap kucing saya sakit selalu saya bawa kesana dan udah lbh dr 5 kucing pernah saya obatin ke drh.didik
    sampai beliau pun hafal dg saya & suami. Buat para catlovers yg mencari drh. saya saranin ke drh. didik saptono deh pokoknya..

  32. Misi, mohon info untuk dokter hewan yg recomended dan sabar di malang & bisa dipanggil ke rumah apa ada kontaknya?
    Karena saya punya anjing msh kecil, mau vaksin, blm tau dokter yg bisa dipanggil ke Batu
    Trm ksh

  33. Mohon ijin untuk tanya2
    Dr. Didik klo untuk anjing tah besar, vaksinasi itu seharusnya mulai umur brp bulan? Dan apa boleh dimandikan sebelum di vaksin?kbetulan anjing saya jenis golden
    Karena saya saat ini mau vaksin anjing saya, tp minim info ttg dokter hewan di malang. Lokasi saya ada di kota batu.
    Jika berkenan, boleh saya minta kontak pak dokter bisa di email di sini rick.09sinyo@gmail.com
    Trm ksh

    1. Mas Ricky, anjing ras besar dan kecil tdk berbeda dlm prosedur vaksinasi baik jenis maupun dosis vaksinnya. Produk vaksin yg masuk ke Indonesia bermacam2 shg jenis vaksin akan berbeda, setiap dokter akan mempertimbangkan penggunaan merk A atau B dst berdasarkan bbrp pertimbangan. Yg jelas anjing mulai divaksin umur 6 minggu dg jenis vaksin single atau kombinasi tergantung pertimbangan dokternya, vaksin pertama disebut vaksin dasar. Vaksinasi diulang stl 3 – 4 minggu dari vaksin pertama dg menggunakan vaksin kombinasi, biasanya berisi 6, 7, 8 bahkan 9 penyakit blm atau sdh termasuk vaksin Rabies. Ada produsen vaksin yg menggunakan vaksin Rabies terpisah, penggunaan vaksin Rabies terpisah sebaiknya pd umur 16 minggu. Anak anjing jangan dimandikan sebelum dan setelah vaksinasi.

  34. Mohon maaf saya mau nanya.
    Saya tinggal di daerah jedong malang,
    saya baru aja beli kucing persia umur 6 bln cwo cwe, dan kondisi blm divsksin sama sekali..
    Umpama saya mau ke Dr. Didik untuk vaksinasi nya btuh biaya brp ya?
    Terimakasih sblm nya 🙂

  35. Maaf saya mau tanya drh didik..mungkin bisa dikasi tau penyebabnya.. Saya punya anjing pomaria..sya sllau rawat dengan baik..tapi kok bau mulut ya..sya perna disarankan temen tuk bli pasta gigi anjing..apa itu ckup buat menghilangkan bau mulut anjing saya..trus belinya dimana ??saya stay dimalang selatan..☺blum fhm tko pralatan kesehatan anjing..krna saya baru mliara anjing tsb..
    And makasi buat mbak Choriamanah krna da berbagi info😘

  36. Klo mmg kucing atau anjingnya mmg campuran mau gmn lg… Kan dokternya cuman ngasik tau.. Tiap org beda sifat ya ga bisa disama samain
    Emang pasien” yg dtg jg kdg ngotot atau ngeyel klo dibilngin sih

    1. Ini sih pengalaman saya pribadi klo ke drh kadang pasien” tuh ngenyel klo dibilangi sm drh nya…
      Jd jangan jelek” kan orang lain intropeksi diri dlu ya…

Leave a Reply

