Posted in Serba-serbi

Pengalaman Melamar Kerja di English First/ EF

Siapa yang tidak tahu English First/ EF? English First merupakan salah satu sekolah kursus Bahasa Inggris terkemuka di Indonesia, bahkan di dunia. Salah satu yang membuatnya terkenal adalah adanya guru native dari Australia,Canada, England, atau US.

beberapa waktu yang lalu EF Malang mampir ke seminar di kampus saya. Salah satu dosen posting di facebook kalo EF bakal mengadakan recruitment diseminar itu. walaupun sudah lulus kuliah, akhirnya saya datang saja kesana biar bisa melamar ke EF. memang saat itu saya lagi desperate banget butuh uang buat bayar cicilan motor. kalau Cuma mengandalkan gaji dari sekolah bisa-bisa saya nggak jajan sebulan. sebelumnya saya juga sempat google tentang gaji di EF, yang ternyata fantastic, yaitu sekitar 75ribu per jam untuk yang part time  atau 3.3 juta perbulan buat yang fulltime.

di seminar itu, saya menyerahkan lamaran dan CV yang saya tulis dalam bahasa inggris, lalu saya disuruh mengisi semacam angket yang isinya tentang data diri saya, darimana saya tahu EF, bagaimana EF menurut saya, apakah saya mau ditempatkan di luar malang, dan lain-lain semacam itu.

beberapa hari kemudian saya ditelepon pihak EF dan diundang untuk menjalani tes tulis. hari berikutnya saya datang di EF Malang. menurut saya tesnya gampang sih, kebanyakan grammar, idiom, colloquial words, dan writing. tes tulis dibagi menjadi 6 bagian. saya sudah agak lupa pastinya, tapi kira-kira begini:

  1. disediakan teks rumpang, kita diminta untuk mengisikan to be ke tempat-tempat yang sudah disediakan
  2. disediakan teks rumpang, kita diminta untuk mengisikan kata-kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut, cenderung ke verb, colloquial words.
  3. kita diberikan teks. dalam teks tersebut ada beberapa kata dalam kurung, dan kita diminta untuk mengubah kata tersebut menjadi kata yang sesuai dengan konteks. misalnya ‘(ironic )speaking…’ kita harus mengubah ironic menjadi ‘ironically’
  4. disediakan beberapa kalimat, kita diminta untuk mengubah kalimat tersebut menggunakan kata yang disediakan agar menjadi kalimat baru yang memiliki arti yang sama. misalnya ‘I don’t want to watch movie right now’ dan kata yang disediakan adalah ‘fancy’, maka kalimat barunya adalah ‘I don’t feel it’s fancy to watch movie right now’
  5. kita diberi sebuah paragraph yang didalamnya sudah disisipi kata-kata baru. tugas kita adalah menemukan kata-kata tersebut dan menghilangkannya agar paragraph tersebut menjadi benar
  6. test writing. waktu itu saya diminta untuk membuat review acara TV tentang nature. ah yang ini saya kena banget deh, soalnya udah pada lupa acara-acara discovery channel yang pernah saya lihat waktu kecil.

setelah menjalani tes tulis, keesokan harinya saya menjalani sesi wawancara.saya ditanya macem-macem mulai dari yang tentang diri sendiri, pendapat saya tentang EF, juga kesiapan saya untuk bekerja di EF. saya ditanya apakah siap melepaskan pekerjaan saya yang sekarang dan menjalani jam kerja sampai jam 9 malam.

Singkat cerita setelah beberapa hari saya ditelepon pihak  EF diminta untuk bergabung kelas training selama 2 minggu di Surabaya. Tapi setelah saya pertimbangkan, dengan sangat terpaksa saya membatalkan aplikasi saya. alasannya, pertama karena jam kerja yang pulangnya jam 9. saya gak mau nanti kalau menikah saya pulang lebih malam dari suami (yang pulang jam4). yang kedua, saya rasa EF bukan tempat yang tepat untuk meraih cita-cita saya. memang EF adalah sekolah yang saaaaangat bagus, tapi cita-cita saya memperbaiki Indonesia dari generasi penerusnya. berarti untuk mencapai cita-cita saya, saya harus mengajar di tempat dimana saya bisa menyelipkan sedikit wejangan wejangan ditengan pembelajaran ke murid saya. dan saya kira lembaga kursus bukan tempatnya.

kalau misalnya anda ingin menjadi guru bahasa inggris di EF, saya sangat menyarankan anda untuk mencoba melamar. selain gajinya bagus, suasana kerja juga terlihat menyenangkan dan exciting. disana anda juga bisa tampil cantik dan rapi setiap saat karena memang dituntut untuk begitu. seandainya saja tidak berlawanan dengan cita-cita saya, dan seandainya saja jam kerjanya tidak seperti itu, pasti saya akan memilih EF.

13 thoughts on “Pengalaman Melamar Kerja di English First/ EF

  1. Mbak, saya barusan aja daftar EF, saya mau tanya langsung ttg kesan2 pengalaman daftar d EF nya mbak, apakah bisa? Ini kontak saya, mohon untuk WA saya, saya butuh wejangan nya mbak:087781042225

  2. Mbak, kalau boleh tau jam kerja shift di EF itu berapa jam ya sehari? Temen saya bilang sama aja kayak jam kerja biasa (8 jam sehari). Mohon infonya 🙂

    1. Hai Lita maaf saya barutau. Kurang tau ya pastinya jam berapa, tapi waktu saya melamar saya diberi tau kalo jam kerjanya mulai jam 1 sampai jam 9 malem

  3. Saya juga bercita-cita membangun Indonesia. Menurut saya, memberi wejangan di kursusan (saya menyebutnya sekolah bahasa Inggris) seperti EF ini bisa saja, dan itu sering saya lakukan, tidak harus terpaku pada bentuk sekolahnya. Justru kesempatan bekerja di EF sangat baik untuk membangun karir jika memang berniat menjadi guru. Di sana saya jumpai banyak teknik2 mengajar yang baik serta pengalaman dan ilmu banyak sekali yang menunjang profesi saya sebagai guru bahasa Inggris (saya mengajar di EF Kediri). Teknik mengajar di EF unik dan tidak saya temui waktu kuliah atau PPL. Selain itu, bekerja di sana memberi saya kesempatan untuk memahami manajemen perusahaan besar yang menurut saya baik jika diterapkan di tempat/sekolah lain.

    1. Betul sekali Dany. Saya juga berfikir, kenapa sekolah-sekolah tidak mengaplikasikan saja teknik mengajar yang ada di kursusan kalau memang nyatanya terbukti lebih tokcer hasilnya.
      Disini salah satu alasan saya tidak jadi kerja disana adalah karena saya nggakbisa pulang jam 9 malem (lebih lambat dari suami saya). Bagaimanapun saya kan perempuan, jadi saya merasa bertanggungjawab terhadap rumah saya dan keluarga saya begitu

  4. maaf mba saya mau nanya, ini mba ngelamar di posisi apa ya? jadi pengajarnya atau staff?

Leave a Reply

