Posted in Kucing

Solusi Alami Mengatasi Kucing Jamuran

Siapa sih yang gak sebel lihat kucing yang disayang jamuran??  bulunya rontok sehingga terlihat bulatan-bulatan tanpa rambut di badannya, ada semacam ketombe di kupingnya. iiihhh geliiiii dan gemes pingin ngilanginnya. Jamur pada kucing disebabkan oleh spora jamur yang beterbangan di udara nempel di kulit kucing. dan kalau si kucing kurang suka menjaga kebersihan (kur

ang suka jilat2 atau grooming), jamur bisa dengan mudah berkembang biak dari awalnya Cuma setitik jadi lebar.

Banyak obat berupa salep maupun shampoo ditawarkan buat mengatasi jamuran pada kucing, tapi siapa tau ada obat alami herbal yang justru manjur dan lebih aman dari obat-obat berbahan kimia tersebut?

Yepp. VCO, itulah namanya, Singkatan dari Virgin Coconut Oil atau mudahnya minyak kelapa. kalau fungsi asli dari VCO sih, bila dikonsumsi manusia 2-3 sendok makan sehari, bisa melancarkan metabolism tubuh, menjaga daya tahan tubuh, dan banyak fungsi lainnya.

berawal dari kucingku, si Shiro, yang udah lama gak pulang ternyata pulang dengan kepala dan kuping penuh jamur, akhirnya aku browsing2 tentang cara mengatasi Jamur pada kucing. dari situlah aku tau bahwa VCO bisa digunakan untuk menghilangkan jamur pada kucing.

Caranya bagaimana?

oleskan aja setiap hari sekali atau 2 kali ke bagian yang berjamur. bisa pakai cottonbud, kapas, atau kuas.

nah langsung setelah aku praktekkan ke Siro, inilah yang terjadi:

  • 2 hari pertama, rambut di bagian yang diolesi rontok, beserta jamur-jamurnya mengelupas.
  • hari ke 4, rambut baru mulai tumbuh, lembut dan jamur sudah pergi.

kelebihan menggunakan VCO untuk menghilangkan jamur pada kucing:

  1.  terbuat dari bahan alami, jadi kalau dijilat oleh kucing tidak berbahaya dan malah menyehatkan.
  2.  kalau pakai obat berbahan kimia harus diberi collar, tapi kalau dengan VCO tidak usah.

ini foto Siro sebelum dan sesudah diolesi selama seminggu:

kiri: sebelum diolesi VCO, kepala jamuran, telinga seperti berketombe kanan: seminggu sesudah mulai diolesi, jamur hilang, rambut baru mulai tumbuh
kiri: sebelum diolesi VCO, kepala jamuran, telinga seperti berketombe
kanan: seminggu sesudah mulai diolesi, jamur hilang, rambut baru mulai tumbuh

Edit 12 nov 2015: mohon sebelum mengajukan pertanyaan baca dulu komen2 yang sudah ada. Siapa tau pertanyaan anda sudah pernah diajukan dan saya jawab. Trims

Advertisements

137 thoughts on “Solusi Alami Mengatasi Kucing Jamuran

  1. Maaf mau tanyak.. Kucing ku di rumah udh saya kasik minyak VCO selama krang lebih 3 hari ini tapi krnapa ya sehabis saya kasik minyak terus saya sisirin kenapa bulunya rontoknya banyak.. Udah rontok ada butiran butiran ketombe.. Yang saya mau tanyakan bagai mana cara saya untuk mengatasinya apa saya harus bawa ke dokter apa saya teruskan memberi minyak VCo untuk kucing saya.. Tolong bantuanya menjawab

    1. Untuk lebih baiknya sebaiknya memang dibawa ke drh mbak. Tapi selama ini memang kalau di kasih vco ketombenya jadi rontok, kalau bulu rontok juga kadang, tapi di tempat yg ketombean aja

  2. hallo ,mba. aku punya kucing mix persia umur nya dah 1 th. sejak suka dikurung dia jadi jamuran apalagi didalam telinga sama dekat (maaf) kelamin nya, itu parah bangeet merah gitu . terus dileher nya kaya kerak warna krem, aku dah kasih obat jamur semprot malah dijilat. itu jamur atau apa ya mba.. pusing

    1. Hai rika, biar gak jamuran kalau pagi dijemur ya.. pokoknya kalau jamur kayak ketombean gitu lo. Coba kamu google gejala jamur pada kucing, terus dicocokin

  3. Maaf mba sya mau tanya kalau ngolesim vco ke si mpuuuus bulunya kudu dicukur atau ga ya? Makasih

  4. Para pembaca, mulai sekarang segala posting yang berhubungan dengan sahabat berbulu kita akan saya publish di blog khusus kucing saya yang baru, duniapus.blogspot.co.id . Ini saya lakukan agar lebih memudahkan para pembaca untuk mencari maupun berbagi informasi mengenai pus-pus kita. Tetapi 2 post saya yang di blog hanyakori ini juga tidak akan saya hapus kok. jangan kuatir. Jika anda pecinta kucing, jangan lupa mampir dan follow duniapus.blogspot ya.. Terimakasih

  5. Saya kasih VCO tapi bulunya ga kering2, itu mesti dikeringin make hair dryer atau ga dikeringin juga gapapa? Tolong banget jawabannya yaa

  6. KUCING KU JUGA JAMURAN UDA PARAH BANGET TRUS AKU CARI VCO GK DAPET2 KPUTUSAN TRAKHIR AKU BUAT SENDIRI AJA TUH MNYK KLPANYA .TRUS AKU OLESIN DEH KESLURUH BADAN KUCING KU KLANG 4-5 HARI ALHMDULILLAH JAMUR DIDAERAH KUPINGNYA PD RONTOK BERHAMBURAN NI SKG TNGGAL DIDAERAH KETIAKNYA AJA AGAK SUSAH HILANG.TP TETEP AKU TRUS OLESIN.VCO ITU MMNG AMPUH BAGUS BANGET.MNGKIN KRN BAUKNYA ITU Y KUCING KU JD NAFSU MKN NY ILANG.GMN CARA MNGATASINYA YA

  7. Vco aman g buat obat tetes telinga kucing ya?karena kuping kucingku kotor sekali.brapa tetes sekali pemakain ya klo aman?

  8. Mba klo kucing saya gk tau ada ketombe gk nya soalnya warna bulu nya putih… Tp, ada kerak kaya luka yg udah kering… Stelah saya oles pke minyak tawon si keraknya rontok… Apa itu jamur apa bukan yah bingung saya mba…

  9. maaf mau tanya kalo untuk menghilangkan jamur pada kucing bisa menggunakan minyak zaitun ngak ?,trimakasih.

  10. Mba kucing saya juga terkena jamur yg berbentuk seperti ketombe, ada yg bilng kasih minyak zaitun herbal&vco ke bagian yg terkena jamur terutama tangan&kaki, beli vco dimana ya?? Mohon infonya

  11. Mba cara bersihkan kerak yg sdh terkelupas disikat atau langsung dimandiin?? Mohon infonya Mba

    1. Kalau pengalaman saya sih sama kucingnya dijilati sendiri dan akhirnya bersih. Maklum saya jarang mandikan kucing. Hehe.. Mungkin bisa juga dimandikan kalo terbiasa dimandikan

  12. mba gmna cara ngeringkan bulu kucing yg hbs d ksh vco..
    soalx mpusx ngeong” trs…

  13. mbak ciri2 jamuran kucing udah mulai sembuh seperti apa mba? apakah jamur kering dan mulai mengelupas dan seperti ketombe mulai sembuh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s