Posted in Serba-serbi

Tes TORCH dulu sebelum hamil

assalamu’alaikum..

kali ini aku mau sharing info2 yang baru aja aku dapet dari jagad internet tentang tes TORCH.

beberapa hari yang lalu salah satu sodara mampir kerumah. Dia habis melahirkan anak keduanya, yang ternyata jantungnya bermasalah. kurang tau sih masalahnya kenapa, tapi katanya lemah begitu. Dia gak tahu sebabnya apa, karena dokter pun bilang kalau penyebabnya gak pasti. Kalau dia sendiri sih nganggepnya itu karena virus kucing alias toksoplasma karena itu adalah salah satu kemungkinan oenyebabnya.

Nah loh?? toksoplasma? virus kucing?

aku kan punya buanyaaak kucing dirumah!

dari sinilah aku google tentang deteksi dini virus toksoplasma sebelum hamil. Yah emang sih, aku belum nikah, tapi kan syerem juga yah orang aku tiap hari ucel-ucel kucing, bersihin e’eknya, kadang tidur sama kucing juga. selanjutnya, aku nemu istilah tes TORCH.

TORCH sendiri adalah singkatan dari Toxoplasma, Rubella, Cytomegallovirus/CMV, dan Herpes. Apakah ituuu? secara otomatis pelajaran2 SMA tentang protozoa muncul, dan nama – nama seperti trychomonas, flagellate, paramecium berkelebat di pikiran. EEEittt!! tapi ternyata mereka (si TORCH) itu bukan protozoa mbak bro, tapi VIRUS!! (aku nggak mau menjadi setan, yang menghantuimu..—Slank)

gejala infeksi TORCH emang jarang Nampak di manusia, tapi kalau si manusia hamil, itu bias jadi bahaya banget. si virus-virus ini bias menyebabkan keguguran, juga cacat pada bayi. cacatnya pun bermacam-macam, ada yang cacat penglihatan, pendengaran, jantung, paru-paru, ahh pokoknya penyakit-penyakit yang membutuhkan dana istimewa untuk merawatnya. Di detik.health.com disebutkan beberapa criteria orang yang beresiko tinggi terinfeksi TORCH:

  1. perempuan yang gemar mengkonsumsi sayur mentah macam lalapan, salad
  2. perempuan yang gemar mengkonsumsi daging mentah/ setengah matang
  3. perempuan yang suka memelihara binatang seperti kucing, anjing, tapi tidak memperhatikan kebersihan binatangnya.

nah dari criteria diatas, aku termasuk nomer 1 dan 3 nih. karena itu, aku pingin tes TORCH dulu sebelum hamil nanti. tapi pemirsah, ternyata biaya tes torch ini berkisar antara 1 – 3 jutaan kalau menurut internet. yah, buat guru outsourcing kayak aku, tentu saja ini dirasa berat. Tapi demi kesehatan anak –anakku nanti, aku rela deh menghabiskan uang segitu dan menunda tes TOEFL IBT untuk sementara waktu. toh itu lebih murah daripada kecolongan kena tokso dan kawan-kawan itu. hiks ..

Jadi mulai sekarang yuk nabung. lebih baik mencegah daripada mengobati 🙂

Leave a Reply

