Posted in Serba-serbi

Heading to A Marriage (nyicil peningset)

Assalamu’alaikum. kali ini saya mau berbagi tentang pengalaman saya nyicil beli peningset. selamat membaca.

Memang sih belum ada rencana pasti kapan saya dan sidia mau menikah. Ini karena waktu si tuyul bilang ke Bapak kalau mau nglamar saya, Bapak bilang juga belum tahu pastinya kapan. Beliau mengira-ngira antara jum’at pertama bulan syawal tahun 2014, atau jum’at pertama bulan syawal tahun 2015. Menurut beliau, kalau tahun 2015 berarti insyaAlloh pas hari raya idul fitri. “semua hari itu baik, tapi lebih baik lagi hari jum’at pas hari raya idul fitri kalau buat menikah.” begitu katanya.

Nah karena ketidak jelasan ini, dan karena tidak pernah sukses menabung, akhirnya saya dan tuyul memutuskan untuk mencicil aja peningset pernikahannya. Sejak akhir oktober tahun 2013 kami udah mulai beli ini itu. belinya macem-macem, ada yang beli berdua, ada yang gak sengaja saya nemu pas jalan-jalan sendiri dan uangnya diganti sama tuyul, ada juga yang saya dikasih uang duluan terus disuruh beli sendiri. Alhamdulillah, sekarang sudah terkumpul semuanya. Ini nih daftar barang yang kami beli

1. Baju

kami beli baju 2 stel. yang pertama blouse sama celana formal diskonan dari matahari. tapi harganya lupa. yang kedua jubah gamis jeans beli di sekolah (temen guru ada yang bawa dagangan). selain itu, juga ada jilbab pashmina beli di pasar dan daster gambar hello kitty beli di saudara.

gamis jeans : Rp140.000

jilbab pashmina: Rp 15.000

daster hello kitty: Rp20.000

2. Sepatu sandal

Cuman beli 1 sepatu Nevada kalo gak fladeo. lupa deh. dasar pikun. hehe harganya juga lupa. ini juga sama-sama beli di matahari kayak baju yang 1 stel.

3. Bedcover

saya pesen bedcover ke temen di sekolah. ini bedcovernya kustom. harganya Rp540.000 ukuran queen size.

4. Handuk

Handuk yang saya beli warnanya pink. ini beli di swalayan namanya Sardo. di sardo ini barang-barang murah murah banget deh pokoknya. harga handuk yang saya beli Rp38.000. alus dan gedeee.

5. CD dan BH

buat celana dalam dan Breast holder, awalnya saya beli 2 BH dan 3 CD. tapi, suatu hari saya pas maen ke rumah tuyul saya keputihan gitu. jadi yang satu saya pakai duluan deh. belanja CD dan BH totalnya sekitar Rp79.500(yang ini lupa juga)

6. toiletries & make up

nah yang ini barangnya lumayan banyak ya soalnya kecil-kecil. langsung aja ini daftarnya:

pembalut laurier softcare isi 10 Rp7400

sabun mandi dettol pink isi 3 Rp8475

pasta gigi pepsodent Rp7200

sariayu facial foam Rp10.575

sunsilk hitam shampoo Rp7125

nivea hand and body lotion Rp 11.050

Red A compact powder Rp16.000

citra hazline pearl Rp17.900

lulur mandi purbasari Rp15.900

sikat gigi formula Rp8.100

rexona deodorant Rp8.100

elips hair vitamin Rp14.500

ini saya gak minta mascara, eye liner, eyeshadow, dan blush on soalnya punya saya masih banyak dan jarang dipake.

7. Jarik dan stagen

sebagai orang jawa, katanya syaratnya harus ada jarik dan stagen. saya belinya di kenalan, jariknya Rp45.000 stagennya Rp35.000

8. Arema attribute

nah, saya kan sama cami ketemu pertama kali waktu liat arema main di stadion kanjuruhan, jadi buat menghargai kenangan itu, kami memutuskan buat menambahkan satu set peningset isi atribut arema. ada syal, t shirt, sama boneka. syalnya gak tahu harganya soalnya cami yang pesen. T shirtnya beli di arema sport Rp65.000, dan bonekanya beli di salsa Rp45.000.

9. Buku

ini saya minta special soalnya saya suka baca. saya beli sendiri bukunya. ada 2 yaitu Ramayana karya rajagopal sama novel kumpulan cerita pendeknya detective poirot. total 2 buku Rp77.350

10. mukena & sajadah

saya beli mukena parasut di pasar, yang bias dilipet kecil itu lo. harganya Rp65.000. kalau sajadahnya beli di sardo, kalo gak salah 26.000. rencananya sih mau ditambah alQur’an sama tasbih, tapi belum beli.

11. voucher pulsa

12. cincin

cincin yang kami beli ini pesan di salah satu teman bapak yang jualan perhiasan di pasar Wajak. awalnya saya maunya beli aja cincinnya, tapi ada sedikit masalah waktu beli cincin yaitu ukuran jariku yang kecil. jariku ini ukurannya 8 atau 9, kayak jari anak-anak. jadi kalau beli, pasti yang       tersedia Cuma cincin yang beratnya 1 gram kebawah. Sudah muter-muter pasar, tetep aja nggak ada. jadi akhirnya saya pesen.

awalnya sih maunya pesen cincin 1,5 gram dibentuk belah rotan, dikasih satu manic-manik biasa biar gak polos-polos amat. tapi kemudian cak fatkur, yang punya took perhiasan, nawarin mau dikasih berlian aja tapi kecil. karena ditawarin berlian eropa murah banget, jadi saya mau deh. plus biar berliannya bias duduk dengan tenang di cincinnya, beratnya harus ditambah jadi 2 gram. jadi buat cincin berlian ini, butuh sekitar Rp900.000 (harga emas Rp380.00/gram). murah kan? saya pernah lihat di brosur dan internet. cincin yang kayak saya pesan harganya minimal 2 juta. Alhamdulillah.

 

Dari semua barang belanjaan diatas, dana yang sudah kami(dia maksudnya. hehe) habiskan sekitar dua juta lebih, dan mungkin masih akan bertambah. Semoga saja deh bapak segera member lampu hijau, biar gak makin menambah dosa. amin. hehehe

Ada satu hal yang perlu diperhatikan saat membeli peningset, yaitu bahwa peningset merupakan symbol bahwa calon suami mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari dari calon istri. Karena itu, yang saya beli memang barang-barang yang memang saya pakai sehari-hari. Juga itulah mengapa mungkin anda menemukan barang seperti pembalut, dan voucher pulsa yang tidak biasa ada pada peningset pada daftar saya, karena saya membutuhkan itu dalam keseharian saya.

banyak wanita menganggap saat belanja peningset sebagai aji mumpung karena mumpung ada yang bayarin. Jadi, mereka beli yang bermerek, mahal, dan bahkan membeli barang yang tidak mencerminkan kebutuhan sehari-hari mereka. misalnya, biasanya memakai baju yang beli di mall, tapi buat peningset minta yang dari butik. Itu justru bukan hakekat asli dari peningsetan pernikahan. Kasihan kan calon suami, daripada buat beli yang seperti itu, mending buat nyicil beli batu bata buat bangun rumah. Itu sih menurut saya., tapi orang lain boleh berpendapat lain tentu saja.

Leave a Reply

