Posted in saya guru

Video Project XI IPS 4 dan XI IPA 4

bersamaan dengan tugas poster kelas sepuluh, saya memberi tugas yang sama susahnya buat kelas sebelas. Yah,, mau ujian semester, jadi tugasnya berbobot dikit lah ya. hehe..

untuk kelas sebelas yang notabene udah belajar bahasa inggris lebih lama setahun dari adik kelasnya, saya beri mereka video project (saat itu anak-anak pada mengeluh ngeluh apalagi setelah tahu kalau videonya harus dikumpulkan via youtube). Tapi tidak saya pedulikan waktu itu. masak facebookan seharian bisa, upload video 10 menit aja nggak bisa.
tapi baru akhir-akhir ini saya nyadar, mungkin emang keberatan kali ya project kayak gini. hehe,, dari feedback mereka kemarin, kebanyakan pada bilang ‘miss jangan ngasih tugas yang sulit-sulit‘.

nah, sama seperti tugas poster, anak-anak saya beri waktu 2 minggu untuk mengerjakan tugas ini. tema yang diambil adalah family obligation. Siswa saya bagi menjadi beberapa kelompok. dalam masing-masing kelompok, mereka harus menentukan perannnya dalam sebuah keluarga, misal ada yang jadi anak, bapak,atau ibu. inilah lucunya. karena beberapa kelompok terdiri dari cowok saja atau cewek saja, jadi ceritanya agak ngelantur. ada yang cowok memerankan ibuk, ada juga yang keluarganya ditinggal bapaknya meninggal atau kerja keluar negeri karena pemainnya cewek semua.

setelah dibagi dalam kelompok-kelompok, mereka membuat skrip yang kemudian harus mereka perankan. sebenarnya sih saya mintanya monolog, tapi anak-anak kreatif banget jadi dibikin cerita begitu.. Inilah hasil video dari kelas XI IS 4

dan ini yang lucu banget. cowok memerankan cewek

dan ini video dari kelas XI IPA 4

yang ini lucu juga, naruto family judulnya

dan ini yang terakhir

dari project ini, ada beberapa kendala yang saya hadapi. diantaranya:

1. siswa tidak tahu cara mengakses (mengupload video) ke youtube.

2. siswa mengupload video di menit-menit terakhir deadline, padahal mengupload video ke youtube tidak seperti upload foto ke facebook. saat ada masalah, mereka komplain deh.

3. file vidoe yang diupload oleh siswa terlalu besar size nya (sekitar 300 mb). tapi kemudian saya suruh convert ke ukuran yang lebih kecil biar uploadnya cepat.

nah, saya juga punya saran untuk Bapak-ibu guru yang mau bikin tugas video project buat siswanya, lebih-lebih yang akhirnya dikumpulkan melalui youtube:

1. sebelumnya, berikan tutorial singkat cara upload video youtube

2. berikan waktu yang agak panjang, karena sepertinya 2 minggu memang kurang untuk membuat video. ini karena PR mereka buakn dari kita saja, tapi juga ada dari guru-gur lain. (saat itu saya tidak berfikir sejauh ini)

3. kalau mereka berulah dan banyak alasan atau keluhan, saya kemarin bilang “internetan itu jangan facebookan sama twitteran aja.. coba yang lain juga” ke mereka. Soalnya tau sendiri lah ya, kadang siswa suka begitu. hehe..

 

Leave a Reply

